skip to Main Content

Konseling dan Seminar Karir “Knowing Yourself and Winning Your Future Career”

Direktorat Jenderal Pembelajaran (Ditjen. Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendorong setiap perguruan tinggi untuk memberikan pembinaan karir kepada mahasiswa untuk mempersiapkan dan memperkenalkan mahasiswa kepada dunia kerja, serta dalam rangka mencetak lulusan yang memiliki kemampuan dan daya guna tinggi. Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) berupaya memberikan pelayanan pembinaan karir melalui Career Development Center (CDC) di bawah Direktorat Kemahasiswaan dan Pengengembangan Karir yang berdiri sejak April 2011.

Kegiatan yang dilakukan oleh CDC diantaranya adalah kegiatan seminar, workshop, dan konseling karir; membantu menyediakan informasi lowongan kerja dan magang; serta melakukan tracer study dan kepuasan pengguna untuk menelusuri kegiatan alumni di bidang kerja. Kegiatan yang diselenggarakan kali ini merupakan salah satu upaya dalam menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang lebih kompetitif di dunia kerja seiring dengan kebutuhan dunia kerja yang semakin dinamis, serta membantu mahasiswa dalam menentukan arah karir yang terbaik berdasarkan peminatan dan kemampuannya. Kegiatan ini diawali dengan melakukan tes peminatan pada mahasiswa, yang kemudian dilanjutkan dengan proses pemberian masukan oleh tenaga ahli dengan pendekatan individu. Seminar karir juga diselenggarakan dalam kegiatan ini yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait peluang dan tantangan terkait pengembangan karir di era millenial. Kegitan ini memiliki tema “Knowing Your Self and Winning Your Future Career”

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 26 April 2019 di Ruang Serba Guna Universitas Al-Azhar Indonesia. Kegiatan dihadiri oleh 27 mahasiswa UAI dari berbagai program studi. Seluruh peserta antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Di akhir kegiatan, mahasiswa akan diberikan informasi terkait profil hasil tes minat karir yang diikuti berkaitan dengan pekerjaan yang diminati, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan logis.

Psikolog memberikan arahan terkait tes peminatan karir
Peserta mengisi lembar pertanyaan yang berkaitan dengan peminatan karir
Psikolog memberikan pemaparan materi seminar “Peluang dan tantangan karir di tengah era millenial”
Back To Top